Friday, May 15, 2015

Mengenal Jenis-jenis Bahasa Pemrograman Web

Basic Code | Sebelum kami membahas mengenai Jenis-jenis Bahasa Pemrograman Web terlebih dahulu penulis akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian Bahasa Pemrograman Web itu sendiri. Pemrograman Web terdiri atas 2 suku kata yaitu Pemrograman dan Web. Dalam bahasa English Pemrograman atau Programming diartikan sebagai Proses, Cara atau perbuatan program.


Jadi dapat di Definisikan Web merupakan jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, suara serta sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.

Adapun jenis-jenis Bahasa Pemrograman Web beserta penjelasannya sebagai berikut :
  1. Bahasa Pemrograman HTML

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunanya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang mengistruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

  2. Bahasa Pemrograman PHP

    Hypertext Prepocessor (PHP) merupakan bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdoft pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari sebuah web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan juga untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi Linus (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

  3. Bahasa Pemrograman ASP

    Active Server Pages (ASP) merupakan salah stau bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP juga merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. Dan ASP bekerja pada web server yang merupakan server side scripting  

  4. Bahasa Pemrograman XML

    Extensible Markup Language (XML) merupakan bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML juga merupakan suatu metode dalam membuat penanda atau markup pada sebuah dokumen.

  5. Bahasa Pemrograman WML

    Wireless Markup Language merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (Extensible Markup Language). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. Dan WML juga merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protokol nirkabel.

  6. Bahasa Pemrograman PERL

    PERL merupakan bahasa pemrograman yang diperuntukkan untuk mesin dengan Sistem Operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), dan bahasa pemrograman ini juga tersedia untuk Sistem Operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC dan PocketPC. Bahasa Pemrograman PERL juga merupakan bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa pemrograman C.

  7. Bahasa Pemrograman CFM

    CFM merupakan bahasa pemrograman yang dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan Software Adobe ColdFusion, BlueDragon dan ColdFusion Studio. Dan syntax yang digunakan oleh ColdFusion itu sendiri ialah berbasis HTML.

  8. Bahasa Pemrograman JavaScript

    JavaScript merupakan bahasa pemrograman Scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript juga merupakan sebuah bahasa Scripting yang dikembangkan oleh Nestcape. Dan untuk menjalankan script yang ditulis menggunakan JavaScript, kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

  9. Bahasa Pemrograman CSS

    Cascading Style Sheets (CSS) merupakan bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dari suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS ini ialah digunakan untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Meskipun demikian, bahasa yang digunakan oleh CSS ini sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokument XML termasuk SVG dan XUL. Kemudian untuk spesifikasi dari CSS ini diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

  10. Bahasa Pemrograman AJAX

    Asynchronous JavaScript And XML (AJAX) merupakan bahasa pemrograman yang dapat membuat web kita lebih interaktif dan salah satu contoh web yang banyak menggunakan bahasa ajax ialah Facebook. Dengan menggunakan bahasa Ajax web kita akan terlihat lebih simple dan dinamis.
Demikian penjelasan singkat mengenai Pengenalan Jenis-jenis Bahasa Pemrograman Web pada artikel ini semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Terimakasih !!

0 komentar

Post a Comment