Friday, May 15, 2015

Cara Membuat Design Form Login Sederhana Pada Delphi 7

Basic Code | Pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang Mengenal Bahasa Pemrograman. Nah pada artikel berikut ini kami akan membagikan artikel mengenai Cara Membuat Form Login Sederhana Pada Delphi 7.

Artikel ini kami khususkan bagi sobat yang baru belajar Bahasa Pemrograman Delphi 7 dan buat yang udah mahir abaikan aja artikel ini. Okelah dari pada panjang lebar berikut langkah-langkah pembuatannya :
  1. Pertama-tama Buka aplikasi Borland Delphi 7


  2. Kemudian buat Project Baru Caranya pilih Menu File >> New >> Application, Seperti gambar dibawah ini :


  3. Setelah itu sobat nanti akan dihadapkan pada sebuah tampilan Form seperti ini :


  4. Selanjutnya design sebuah form, klik Form1 seperti gambar diatas kemudian lakukan pengaturan pada Object Inspector >> Tab Properties rubah pengaturannya seperti ini :

    • No.1 Rubah Height = 183
    • No.2 Rubah Width = 297
    • No.3 Rubah Caption = Please Login

    Contoh pengaturanya seperti gambar dibawah ini :


  5. Setelah itu masih pada Form1 di Object Inspector > Tab Properties lakukan juga pengaturan sebagai berikut :

    • No.1 Pilih BorderIcons
    • No.2 Rubah biMinimize dari True menjadi False
    • No.3 Rubah biMaximize dari True menjadi False
    • No.4 Pada BorderStyle rubah bsSizeable menjadi bsSingle
    • No.5 Pada Position rubah poDesigned menjadi poDesktopCenter

    Contoh pengaturannya seperti gambar berikut :


  6. Jika selesai Selanjutnya kita beralih pada Component Pallet >> Pilih Tab Standard dan dari disitu silahkan pilih salah satu komponen yang ingin dibuat untuk aturannya seperti dibawah ini :

    • No.1 Buat 1 buah GroupBox
    • No.2 Buat 2 buah Label
    • No.3 Buat 2 buah Edit
    • No.4 Buat 1 buah Button

    Contoh pengaturannya seperti gambar dibawah ini :


  7. Nah jika Design Formnya sudah jadi langkah selanjutnya ialah dengan merubah GroupBox1, Label1, Label2, Edit1, Edit2 dan Button1. Lakukan perubahan lagi pada Object Inspector >> Pilih Tab Properties caranya hampir sama pada Langkah Ke-4. Dan untuk aturannya seperti dibawah ini :

    • Klik GroupBox1 pada Form1, di Object Inspector > Tab Properties > Caption rubah tulisan GroupBox1 menjadi “ Login “.


    • Klik Label1 pada Form1, di Object Inspector > Tab Properties > Caption rubah tulisan Label1 menjadi “ Username ” dan begitupun juga dengan Label2 masih dengan cara yang sama namun pada Caption rubah Label2 menjadi “ Password “.


    • Klik Edit1 pada Form1, di Object Inspector > Tab Properties > Text rubah tulisan Edit1 menjadi “ “ (didelete/kosongkan saja) dan begitupun juga dengan Edit2 masih tetap cara yang sama juga hanya saja pada PasswordChar rubah menjadi “ * “ (Bintang) dapat sobat lihat pada gambar yang dikolom warna Hijau.


    • Dan terakhir Klik Button1 pada Form1, di Object Inspector > Tab Properties > Caption rubah tulisan Button1 menjadi “ Login “ juga.

  8. Jika langkah-langkah Design Form seperti yang diatas telah selesai selanjutnya Simpan Project Sobat caranya Pilih Menu File > Pilih Save Project As ..


  9. Nanti sobat akan dihadapkan pada sebuah tampilan form Save Unit1 As.


  10. Pada Save in : pilih drive dimana sobat akan menyimpan File Project ini nantinya, misalnya di Drive DATA (D:) pada drive ini sobat buatkan folder baru terlebih dahulu dan berinama folder tersebut dengan nama “ Form Login Sederhana ” lalu tekan Enter pada keyboard.


  11. Setelah pembuatan folder telah selesai selanjutnya buka folder tersebut dengan cara Klik Button Open pada tampilan Save Unit1 As lalu pada kota File name : rubah Unit1 menjadi “ Login “ (tanpa tanda kutip). Setelah itu klik tombol Save.


  12. Nantinya sobat akan dihadapkan pada tampilan Save Project1 As, langsung saja pada kotak File name : rubah menjadi “ LoginSederhana “ (Tanpa spasi dan tanda kutip). Kemudian klik tombol Save.


  13. Selesai deh. Bersambung ....
  14. Hasil Output ketika di Run :

Buat yang baru belajar, gimana mudah bukan membuat Design Form Login Sederhana dengan Borland Delphi 7. Nah untuk Listing Loginnya nantikan kelanjutannya pada artikel berikutnya, dan kalau masih ada yang bingung dengan tutorial ini dan butuh file jadinya silahkan sobat berkomentar dibawah ini nanti penulis akan sediakan Link untuk File Projectnya.

Selamat Mencoba !!!

0 komentar

Post a Comment