Saturday, May 9, 2015

Mengenal Bahasa Pemrograman (Bahasa Komputer)

Basic Code | Seiring dengan kemajuan dan perkembangan dunia teknologi seperti sekarang ini telah banyak lahir berbagai macam aplikasi dari berbagai macam pengembang yang tentunya sejalan dengan kemajuan dan perkembangan tersebut pasti ada Awal atau Asal yang membuat teknologi itu bisa berkembang pesat saat ini. 


Sehubungan dengan diatas yang perlu kita ketahui Awal mula sebelum lahirnya sebuah aplikasi yang berkembang saat ini tentu hal ini juga dimulai dengan adanya bahasa pemrograman yang sejatinya disebut juga dengan Bahasa Komputer. Sebelum kami mengupas secara dalam mengenai Bahasa Pemrograman itu sendiri terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa sih Bahasa Komputer itu ?

Bahasa Komputer merupakan suatu aturan pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu program pada komputer. Sehubungan dengan hal itu kita biasa mengenal juga Program Komputer atau Software yang merupakan suatu aturan instruksi yang harus dijalankan oleh sebuah komputer pada saat komputer itu dihidupkan atau diperintahkan oleh pengguna komputer. Dalam bahasa komputer atau lebih dikenalnya sebagai Bahasa Pemrograman mengunnakan kata-kata unik yang dijadikan sebagai kode untuk menjalankan perintah tertentu pada sebuah komputer. 


Untuk melakukan suatu tugas maka komputer akan diperintah oleh sebuah sistem, yang dimana perintah dasar komputer itu disimpan ke dalam sebuah sistem yang disebut sebagai Sistem Operasi misalnya DOS, Unix, Windows, Linux, Solaris dan lain sebagainya. Dari perintah-perintah itu juga yang merupakan bahasa mesin dari komputer yang sejatinya hanya mengenal dua dari sekian angka yaitu angka 1 dan 0 dan lebih dikenal sebagai Bineri (Binary) yang dimana Angka 1 ini dipresentasikan oleh komputer sebagai wadah yang memiliki listrik sedangkan Angka 0 kebalikan dari pada itu.

Sehubungan dengan itu juga untuk membuat sebuah Sistem pada Komputer kita dapat bekerja tentu kita memerlukan yang namanya sebuah Program Aplikasi (Software) dalam menjalankan suatu perintah dari pengguna komputer.  Nah Software atau program aplikasi itu tidak tercipta dengan sendirinya pula, melainkan dibuat oleh seorang ahli dalam Bahasa Komputer / Bahasa Pemrograman.
Saat Seorang Ahli Pemrograman ingin membuat suatu Program yang nantinya akan dijalankan pada Sistem Komputer, tentu juga memerlukan sebuah Tools atau alat yang digunakan untuk menerjemankan Bahasa Komputer atau Bahasa Pemrograman yang penerjemah Bahasa Pemrograman itu diketahui ada 3 macam yaitu :
  1. Assembler
  2. Kompiler
  3. Intepreter
Assembler merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (Assembly) ke dalam bahasa mesin.

Kompiler merupakan program penerjemah yang mengkonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan menjadi kode objek. Nah hasil dari berupa kode objek inilah yang nantinya dapat dijalankan oleh komputer. Dan proses untuk melakukan penerjemahan ini biasa kita sebut sebagai Kompilasi.

Sedangkan Intepreter merupakan program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam setiap kode sumber dan kemudian menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut.

Nah dari ketiga macam penerjemah inilah yang digunakan nantinya untuk membuat sebuah program pada Sistem Komputer adapun contoh-contoh dari Bahasa Pemrograman yang digunakan untuk membuat Aplikasi  itu diantaranya adalah Pascal, Visual Basic, Delphi Fortran, Clipper, dBase, Cobol, C++, C#, Java, Php, Phyton, Ruby,Html  dan masih banyak lagi.

Itulah tadi sedikit pembahasan dari kami mengenai Pengenalan Bahasa Pemrograman, pada artikel ini kami hanya membahas garis-garis besarnya saja apabila ada kekurangan mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat dan Terimakasih!!

2 komentar:

  1. Replies
    1. sama-sama gan, terima kasih telah berkunjung di blog yang kecil ini

      Delete