Friday, February 24, 2017

Pengenalan Framework ExtJs



Basic Code | ExtJs merupakan sebuah Framework yang menggunakan bahasa Javascript dalam mempermudah pembuatan Aplikasi Berbasis Website (Web Based Application) yang tampilannya hampir menyerupai Aplikasi Desktop (Desktop Application).

Membangun Aplikasi Berbasis Website dengan Framework ini merupakan pilihan yang sangat tepat sebab, dengan adanya penggunaan Ajax di Framework ini membuat proses Transfer ataupun Request data pada aplikasi yang nantinya akan dibuat dapat berjalan lebih cepat tanpa harus meloading keseluruhan halaman aplikasi.


Pada Framework ini juga kita tidak perlu lagi repot – repot mengetik maupun membuat sendiri ICON dan file CSS. Karena di Framework ini telah disediakan file – file pendukung yang akan memudahkan kita nantinya baik itu berupa Dokumentasi serta contoh - contoh dalam membangun sebuah Aplikasi yang diarsipkan secara rapi.


Nah dalam penerapannya ada beberapa hal yang perlu di pahami dan disediakan terlebih dahulu sebagai Syarat sebelum kita memulai membangun Aplikasi nantinya melalui Script ExtJs yaitu :  
  1. Web Browser

  2. Pada prinsipnya Framework ExtJs telah mendukung semua jenis Browser yang terkenal, bahkan browser dengan versi terlawas sekalipun. Tapi dalam penerapann untuk lebih baiknya sangat direkomendasikan agar kita menggunakan Browser yang memiliki tingkat Debugger atau eksekusi yang lebih baik seperti :

    • Internet Explorer Versi 10 + | Download
    • Mozilla Firefox Versi 4 + | Download

  3. Web Server

  4. Sebelum membangun sebuah Aplikasi Web berbasis ExtJs, kita juga sangat direkomendasi untuk memakai Web Server. Karena pada perinsipnya juga Framework ExtJs yang sejatinya telah digabungkan menjadi website dinamis ataupun dipakai secara bersama menggunakan database tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa menggunakan Web Server. Berdasarkan fungsi dari Web Server itu sendiri seperti yang telah kita ketahui dimana perangkat lunak ini menerima request dan merespon request dari client melalui browser pada jalur protokol komunikasi yang kemudian di teruskan kembali ke Client berupa hasil baik itu berupad data – data seperti gambar, tulisan, video, atau dokumen dari Aplikasi Web yang dibuat. Jadi jika belum memiliki Web Server sangat disarankan mendownloadnya terlebih dahulu, dan adapun contoh – contoh dari Web Server itu sendiri Seperti :


  5. Framework ExtJS 4 SDK

  6. Nah setelah salah satu dari point 1 dan point 2 telah kita sediakan, pada point terakhir ini kita diharuskan memiliki File-file Framework ExtJS yang nantinya akan kita gunakan untuk membangun  Web Aplikasi. Dan untuk mendownload File – filenya silahkan melalui link dibawah ini :
    Download : Sencha Products | atau | Framework ExtJS 4

0 komentar

Post a Comment