Thursday, June 11, 2015

Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0


Basic Code | Microsoft Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemrograman (Language Program), Visual Basic juga sering disebut sebagai sarana (Tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi windows. Yang secara umum ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan program Microsoft Visual Basic itu sendiri, diantaranya :
  1. Dapat digunakan dalam membuat program aplikasi berbasis Windows.
  2. Dapat digunakan dalam membuat objek-objek pembantu program, seperti fasilitas Help, kontrol ActiveX, Aplikasi Internet, dan sebagainya.
  3. Serta digunakan untuk menguji program (Debugging) dan menghasilkan program akhir nantinya, dalam bentuk Exe yang sifatnya Executable atau dengan kata lain dapat langsung digunakan.
Sebelum mempelajari cara membuat Aplikasi dari Program Visual Basic itu sendiri sebagai langkah awal, ada baiknya kita harus mengetahui dan mengenal terlebih dahulu apa-apa saja yang terdapat pada Program Visual Basic ini yang menjadi pengetahuan dasar kita untuk mulai melakukan perancangan suatu program nantinya. 

Jika kita ingin memulai tentu kita harus mengetahui dulu, mengenai : Apa dan bagaimana itu ?

1. Tampilan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0



  1. Menu Bar

  2. Menu Bar merupakan kumpulan menu perintah yang dikelompokkan berdasarkan kriteria pengoprasiannya. Menu Bar ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya masing-masing sbb :


    Nama Menu
    Keterangan
    File
    Menu ini berfungsi untuk mengatur suatu file, seperti New Project, Open Project, Save Project, Print dan lain-lain
    Edit
    Menu ini berfungsi untuk memproses pengeditan objek, komponen dan kode di Code Editor. Contoh : Cut, Copy, Paste, Select All dll.
    View
    Menu ini berfungsi untuk mengaktifkan bagian-bagian dari Integrated Development Environment.
    Project
    Menu ini berfungsi untuk manajemen proyek beserta pendukungnya.
    Format
    Menu ini berfungsi untuk melakukan proses format tampilan di form.
    Debug
    Menu ini berfungsi untuk melacak kesalahan program saat dijalankan.
    Run
    Menu ini berfungsi untuk menangani proses kompilasi program, seperti Run, Build, Step Over, Debug dan lain-lain.
    Query
    Menu ini berfungsi untuk mengakses data yang diperlukan pada aplikasi database.
    Diagram
    Menu ini berfungsi untuk pengaturan diagram terutama pada proses perancangan.
    Tools
    Menu ini berfungsi untuk menyediakan perlengkapan tambahan yang diperlukan dalam penyusunan program
    Add-Ins
    Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan program tambahan pada Visual Basic 6.0
    Window
    Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan window yang sedang aktif (terbuka)
    Help
    Menu ini berfungsi untuk memberikan informasi bagi pemakai Visual Basic 6.0

  3. Toolbar

  4. Toolbar merupakan sekumpulan tombol yang mewakili suatu perintah tertentu pada Visual Basic. Kehadiran tombol-tombol speed pada toolbar akan sangat membantu dalam mempercepat akses perintah. Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering digunakan dan terdapat pula pada menu Visual Basic, seperti pada menu Edit, Copy. Toolbar ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungsi dan keterangannya masing-masing sbb :


    Tombol
    Nama
    Fungsi
    Add Standard Exe Project
    Menambahkan proyek baru jenis standard ke dalam proyek yang telah ada
    Add Form
    Menambahkan form atau obyek baru ke dalam proyek yang sedang aktif / dikerjakan
    Menu Editor
    Menampilkan Menu Editor yang berfungsi untuk membuat atau mengubah tampilan menu
    Open Object
    Membuka sebuah proyek yang pernah dibuat sehingga aktif kembali pada editor Visual Basic
    Save Project
    Menyimpan proyek yang sedang aktif tanpa menutup proyek tersebut.
    Cut
    Memotong obyek yang dipilih pada layar dan menyimpannnya pada memori.
    Copy
    Membuat salinan (duplikat) obyek yang dipilih pada layar dan menyimpannya pada memori.
    Paste
    Membuat salinan obyek yang telah disimpan di memori untuk dipasang dilokasi baru.
    Find
    Mencari teks tertentu pada jendela kode
    Undo
    Membatalkan perintah atau tindakan mengembalikan ke perubahan semula dilakukan
    Redo
    Mengulangi perintah atau tindakan mengembalikan ke perubahan semula dilakukan (Kebalikan dari Undo)
    Start
    Menjalankan program yang sedang aktif
    Break
    Menghentikan sementara program yang sendang berjalan
    End
    Menghentikan program dan kembali ke mode perancangan program.
    Project Explorer
    Menampilkan jendela Project Explorer yang berisi komponen beserta bagian-bagiannya.
    Properties Window
    Menampilkan jendela properties, yaitu pengatur properti obyek
    Form Layout Window
    Menampilkan jendela Form Layout yaitu pengatur tata letak form di layar komputer
    Object Browser
    Menampilkan Object Browser yang mengorganisir obyek yang dipakai dalam program
    Toolbox
    Menampilkan jendela Toolbox yang menyediakan berbagai macam kontrol
    Data View Window
    Menampilkan jendela Data View
    Visual Component Manager
    Menampilkan jendela Visual Component Manager

  5. Toolbox

  6. Toolbox merupakan sebuah jendela di mana obyek atau kontrol ditempatkan, yang nantinya dibutuhkan untuk membentuk suatu program yang dilakukan dengan cara memasangnya pada sebuah Form. Adapun penjelasan dan fungsi dari masing-masing kontrol yang terdapat pada Toolbox sbb :


    Bentuk
    Nama Kontrol
    Fungsi
    Pointer
    Pointer ini bukan termasuk kontrol melainkan penunjuk kontrolyang berfungsi untuk memindahkan atau mengubah ukuran kontrol yang ada pada sebuah form.
    PictureBox
    Untuk menampilkan file gambar (Bitmaps, Icon, Gif, Jpeg, dsb) baik gambar statis maupun aktif. Standar penulisannya Pic_, contoh : Pic_Foto.
    Label
    Untuk menampilkan teks, tetapi pemakai tidak bisa berinteraksi dengannya. Standar penulisan pada umumnya adalah Lbl_, contoh : Lbl_Kota.
    TextBox
    Untuk menempatkan teks pada form dan pemakai dapat mengedit teks tersebut. Standar penulisan pada umumnya adalah Txt_, contoh : Txt_Alamat.
    Frame
    Untuk mengelompokkan beberapa kontrol (Group) pada suatu form. Standar penulisan umumnya adalah Fra_, contoh : Fra_Identitas.
    Command Button
    Untuk membuat tombol pelaksana suatu perintah atau tindakan ketika digunakan. Standar penulisan umumnya adalah Cmd_, contoh : Cmd_Simpan.
    CheckBox
    Untuk membuat kotak check yang dapat memilih satu atau banyak keadaan. Standar penulisan umumnya adalah : Chk_, contoh : Chk_Hobby.
    Option Button
    Untuk memilih dan mengaktifkan satu keadaan dari banyak pilihan yang ada. Standar penulisan umumnya adalah Opt_, contoh : Opt_Agama.
    ComboBox
    Sebagai tempat untuk mengetikkan pilihan atau memilih suatu pilihan melalui Drop-Down-List. Standar penulisannya adalah Cbo_, contoh : Cbo_Ukuran.
    ListBox
    Untuk menampilkan daftar pilihan yang dapat digulung secara Horizontal maupun Vertikal. Standar penulisan umumnya adalah Lis_, contoh : Lis_Jenis.
    HscrollBar
    Untuk menggulung suatu area kerja dengan jangka lebar pada posisi Horizontal. Standar penulisan umumnya adalah Hsb_, contoh : Hsb_Warna
    VscrollBar
    Untuk menggulung suatu area kerja dengan jangka lebar pada posisi Vertikal. Standar penulisan umumnya adalah Vsb_, contoh : Vsb_Warna.
    Timer
    Untuk mengoperasikan waktu kejadian pada rutin program dalam interval yang ditentukan. Standar penulisan umumnya adalah Tmr_, contoh : Tmr_Isi.
    DriveList Box
    Untuk menampilkan daftar drive komputer yang aktif dan dapat memilih sebuah drive. Standar penulisan umumnya adalah Drv_, contoh : Drv_Kerja.
    DirList Box
    Untuk menampilkan daftar directory dan path pada drive kerja terpilih. Standar penulisan umumnya adalah Dir_, contoh : Dir_Surat.
    File ListBox
    Untuk menampilkan daftar file pada directory dan drive yang aktif. Standar penulisan umumnya adalah Fil_, contoh : Fil_Gambar.
    Shape
    Untuk membentuk obyek dua dimensi seperti square, oval, ellips dan lain-lain. Standar penulisan umumnya adalah Shp_, contoh : Shp_Lingkaran.
    Line
    Untuk menggambar garis lurus dengan banyak variasi dengan ketebalan yang bisa diatur. Standar penulisan umumnya adalah Lin_, contoh : Lin_Satu.
    Image
    Untuk menampilkan gambar icon, bitmap, atau metafile pada form. Standar penulisan umumnya adalah Img_, contoh : Img_Foto.
    Data Control
    Sebagai sarana akses data dalam suatu database. Fasilitas ini ada dalam konsep DAO. Standar penulisan umumnya adalah Dat_, contoh : Dat_Mhs.
    OLE
    Untuk menghasilkan proses Link dan Embed obyek antar aplikasi. Standar penulisan Umumnya adalah Ole_, contoh : Ole_Sales.

  7. Form Window

  8. Form Window (Jendela Form) merupakan area kerja di mana sobat nantinya akan merancang suatu program aplikasi Visual Basic. Dan pada jendela form ini juga sobat bisa meletakkan kontrol (obyek) seperti : Command Button, TextBox, Label, CheckBox, dan lain-lain. Sedangkan untuk ukuran dari jendela form pada mulanya berukuran kecil namun sobat dapat mengubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Contohnya formnya sbb :



  9. Project Explorer

  10. Project Explorer merupakan area yang berisi semua file program aplikasi Visual Basic. Suatu aplikasi  dalam Visual Basic biasanya disebut dengan Project (Proyek), dan setiap proyek dapat terdiri dari satu atau lebih file misalnya : Form, Modul, Class dan lain sebagainya.



  11. Window Properties

  12. Pada Window ini berisi semua informasi mengenai kontrol (obyek) yang dibuat, dan bertugas menyiapkan segala properti dari kontrol yang nantinya diperlukan ketika melakukan perancangan User Interface maupun pemrograman. Pada bagian paling atas dari jendela properties terdapat kotak yang menunjukkan nama obyek yang sedang aktif. Dimana nama dari obyek akan tampil pada kotak tersebut ketika kita melakukan klik langsung pada obyek yang terpasang pada form.



  13. Form Layout Window

  14. Form Layout Window merupakan jendela yang menunjukkan tata letak dari form saat ditampilkan pada layar monitor. Dengan kata lain atas bantuan fitur ini, sobat akan tahu persis dimana posisi aplikasi saat dijalankan pada layar monitor.



  15. Code Window

  16. Code Window merupakan area dimana sobat dapat menuliskan kode-kode program Visual Basic. Suatu kode-kode program merupakan kumpulan dari instruksi untuk menjalankan obyek yang berupa kontrol maupun form serta logika program. Untuk menampilkan jendela ini sobat cukup melakukan double klik pada kontrol maupun form, yang dimana kursor nantinya kita gunakan untuk menuliskan kode-kode program berada diantara perintah sbb :


2. Komponen Program

Dalam membuat suatu proyek (Project) tentu tidak lepas dari pemakaian komponen-komponen program. Selain berbentu tampilan pada form, beberapa komponen program biasanya bisa terdiri dari kode-kode program. Komponen program yang ditempatkan pada form biasanya berbentuk file (.Frm), sedang komponen program yang berisi kode-kode program bisa terdiri dari file (.Bass, .Cls, dan lain-lain) baik yang dibuat lewat Module, Class Module, User Control, Property Page dan lain sebagainya. Contoh sbb :


3. Kode Program 

Kode program merupakan serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu obyek dijalankan. Kode-kode program ini nantinya akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu obyek. Untuk contohnya sebagai berikut :


4.  Event

Event merupakan peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu obyek, misalnya Click, Double Click, Keypress dan sebagainya. 

Sebuah program yang baik harus mampu mengakomodasi seluruh kemampuan event yang akan dilakukan oleh pemakainya. Akan tetapi tentu saja tidaklah mudah untuk dapat meyediakan puluhan kemungkinan event pada sebuah program.

Nah berikut ini beberapa event yang biasanya sering digunakan oleh si pemakai program, yaitu :

Event Untuk Mouse
Keterangan
Click
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan dilepas dengan cepat saat posisi pointer berada tepat diatas obyek.
Double Click
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan dilepas dengan cepat sebanyak dua kali saat pointer berada tepat diatas obyek.
Drag Drop
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan ditahan kemudian menyeret/menggeser obyek dari satu tempat ke tempat lain, kemudian melepas tombol kiri pada mouse tersebut.
Drag Over
Event ini hampir sama dengan Drag Drop hanya saja Event Drag Over ini biasanya digunakan untuk mengubah bentuk tampilan pointer mouse saat obyek diseret.
Mouse Down
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan ditahan.
Mouse Up
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse dilepas sehabis ditekan.
Mouse Move
Event ini biasanya terjadi bila mouse dipindah posisinya ke tempat lain tanpa menekan tombol mouse tersebut.

Event Untuk Keyboard
Keterangan
Keypress
Event ini biasanya terjadi bila sebuah tombol pada keyboard ditekan. Dan pada umumnya nilai parameter dari KeyPress merupakan kode ASCII untuk menyatakan jenis tombol keyboard yang ditekan.
KeyDown
Event ini biasanya terjadi bila sobat menekan dan menahan sebuah tombol pada keyboard.
KeyUp
Event ini biasanya terjadi bila sobat melepaskan sebuah tombol keyboard dari penekanan.

Event Untuk Perubahan
Keterangan
Activate
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form menjadi window yang aktif.
Deactive
Event ini biasanya terjadi ketika anda berpindah dari satu form ke form lain.
GotFocus
Event ini biasanya terjadi bila sebuah obyek menjadi satu-satunya fokus. Sebuah form dapat membuat obyek fokus bila form tersebut menjadi window aktif.
LostFocus
Event ini biasanya terjadi bila sebuah obyek kehilangan fokus karena ada obyek lain yang mendapatkan fokus.
Load
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form dibuka atau dipanggil.
Unload
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form ditutup.
Initialize
Event ini biasanya terjadi bila semua referensi untuk form atau class dihapus dari memori komputer. Pada Obyek form, event ini terjadi setelah event unload.
Paint
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form perlu digambar ulang. Dan biasanya dilakukan saat sebuah form dipindahkan dari form lain yang menutupinya.
Resize
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form diubah ukurannya.
Change
Event ini biasanya terjadi bila isi dari sebuah kontrol diubah.
Query Unload
Event ini biasanya terjadi apabila suatu aplikasi ditutup. Dan biasanya digunakan untuk memastikan bahwa semua yang berhubungan dengan aplikasi juga telah ditutup, atau memastikan bahwa semua data telah disimpan sebelum aplikasi ditutup.

Event-event Lainnya
Keterangan
Timer
Event ini biasanya terjadi ketika event lain dijalankan sebelum event timer ini. Event ini hanya berhubungan dengan kontrol timer.
Scroll
Event ini biasanya terjadi saat anda menyeret kotak kecil pada scroll bar. Event ini hanya berhubungan dengan kontrol scroll bar.
PathChange
Event ini biasanya terjadi saat standar path untuk mencari suatu file diubah. Event ini hanya ada pada kontrol File List Box.
PatternChange
Event ini biasanya terjadi apapbila kode pencarian daftar file diubah, misalnya *.* diubah menjadi *.jpg.
Validate
Event ini biasanya digunakan untuk memastikan data telah ditangani dengan baik.
SelChange
Event ini biasanya terjadi saat kontrol Grid sedanga digunakan .

5. Metode

Metode (Method) merupakan suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu obyek. Motode biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatu obyek. Contoh sbb :


6. Module

Module bisa dikatakan hampir sama dengan form, hanya saja pada module tidak terdapat obyek melainkan berisi kode-kode program atau prosedure yang dapat dilaksanakan dalam program aplikasi. Contoh dari kode module sbb :



Itulah tadi sedikit penjelasan singkat mengenai Pengenalan Pemrograman Visual Basic, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita khususnya bagi yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman Visual Basic.

Terima kasih !!

5 komentar:

  1. yang buat blog nya pasti jago visual basic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK En

      Delete
  2. Izin tanya gan, bagus mana antara Access dan Visual Basic dalam belajar Database dan membuat aplikasi? Lihat juga Aplikasi Database Kredit

    ReplyDelete
  3. Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete