Basic Code | Microsoft Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemrograman (Language Program), Visual Basic juga sering disebut sebagai sarana (Tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi windows. Yang secara umum ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan program Microsoft Visual Basic itu sendiri, diantaranya :
- Dapat digunakan dalam membuat program aplikasi berbasis Windows.
- Dapat digunakan dalam membuat objek-objek pembantu program, seperti fasilitas Help, kontrol ActiveX, Aplikasi Internet, dan sebagainya.
- Serta digunakan untuk menguji program (Debugging) dan menghasilkan program akhir nantinya, dalam bentuk Exe yang sifatnya Executable atau dengan kata lain dapat langsung digunakan.
Sebelum mempelajari cara membuat Aplikasi dari Program Visual Basic itu sendiri sebagai langkah awal, ada baiknya kita harus mengetahui dan mengenal terlebih dahulu apa-apa saja yang terdapat pada Program Visual Basic ini yang menjadi pengetahuan dasar kita untuk mulai melakukan perancangan suatu program nantinya.
Jika kita ingin memulai tentu kita harus mengetahui dulu, mengenai : Apa dan bagaimana itu ?
- Menu Bar
- Toolbar
- Toolbox
- Form Window
- Project Explorer
- Window Properties
- Form Layout Window
- Code Window
Menu Bar merupakan kumpulan menu perintah yang dikelompokkan berdasarkan kriteria pengoprasiannya. Menu Bar ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya masing-masing sbb :
Nama Menu
|
Keterangan
|
File
|
Menu ini berfungsi untuk mengatur suatu file, seperti New Project, Open Project, Save Project, Print dan lain-lain
|
Edit
|
Menu ini berfungsi untuk memproses pengeditan objek, komponen dan kode di Code Editor. Contoh : Cut, Copy, Paste, Select All dll.
|
View
|
Menu ini berfungsi untuk mengaktifkan bagian-bagian dari Integrated Development Environment.
|
Project
|
Menu ini berfungsi untuk manajemen proyek beserta pendukungnya.
|
Format
|
Menu ini berfungsi untuk melakukan proses format tampilan di form.
|
Debug
|
Menu ini berfungsi untuk melacak kesalahan program saat dijalankan.
|
Run
|
Menu ini berfungsi untuk menangani proses kompilasi program, seperti Run, Build, Step Over, Debug dan lain-lain.
|
Query
|
Menu ini berfungsi untuk mengakses data yang diperlukan pada aplikasi database.
|
Diagram
|
Menu ini berfungsi untuk pengaturan diagram terutama pada proses perancangan.
|
Tools
|
Menu ini berfungsi untuk menyediakan perlengkapan tambahan yang diperlukan dalam penyusunan program
|
Add-Ins
|
Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan program tambahan pada Visual Basic 6.0
|
Window
|
Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan window yang sedang aktif (terbuka)
|
Help
|
Menu ini berfungsi untuk memberikan informasi bagi pemakai Visual Basic 6.0
|
Toolbar merupakan
sekumpulan tombol yang mewakili suatu perintah tertentu pada Visual Basic.
Kehadiran tombol-tombol speed pada toolbar akan sangat membantu dalam
mempercepat akses perintah. Biasanya tombol-tombol ini merupakan
perintah-perintah yang sering digunakan dan terdapat pula pada menu Visual
Basic, seperti pada menu Edit, Copy. Toolbar ini juga telah
dikelompokkan berdasarkan fungsi dan keterangannya masing-masing sbb :
Tombol
|
Nama
|
Fungsi
|
Add Standard Exe Project
|
Menambahkan proyek baru jenis standard ke dalam proyek yang telah ada
|
|
Add Form
|
Menambahkan form atau obyek baru ke dalam proyek yang sedang aktif / dikerjakan
|
|
Menu Editor
|
Menampilkan Menu Editor yang berfungsi untuk membuat atau mengubah tampilan menu
|
|
Open Object
|
Membuka sebuah proyek yang pernah dibuat sehingga aktif kembali pada editor Visual Basic
|
|
Save Project
|
Menyimpan proyek yang sedang aktif tanpa menutup proyek tersebut.
|
|
Cut
|
Memotong obyek yang dipilih pada layar dan menyimpannnya pada memori.
|
|
Copy
|
Membuat salinan (duplikat) obyek yang dipilih pada layar dan menyimpannya pada memori.
|
|
Paste
|
Membuat salinan obyek yang telah disimpan di memori untuk dipasang dilokasi baru.
|
|
Find
|
Mencari teks tertentu pada jendela kode
|
|
Undo
|
Membatalkan perintah atau tindakan mengembalikan ke perubahan semula dilakukan
|
|
Redo
|
Mengulangi perintah atau tindakan mengembalikan ke perubahan semula dilakukan (Kebalikan dari Undo)
|
|
Start
|
Menjalankan program yang sedang aktif
|
|
Break
|
Menghentikan sementara program yang sendang berjalan
|
|
End
|
Menghentikan program dan kembali ke mode perancangan program.
|
|
Project Explorer
|
Menampilkan jendela Project Explorer yang berisi komponen beserta bagian-bagiannya.
|
|
Properties Window
|
Menampilkan jendela properties, yaitu pengatur properti obyek
|
|
Form Layout Window
|
Menampilkan jendela Form Layout yaitu pengatur tata letak form di layar komputer
|
|
Object Browser
|
Menampilkan Object Browser yang mengorganisir obyek yang dipakai dalam program
|
|
Toolbox
|
Menampilkan jendela Toolbox yang menyediakan berbagai macam kontrol
|
|
Data View Window
|
Menampilkan jendela Data View
|
|
Visual Component Manager
|
Menampilkan jendela Visual Component Manager
|
Toolbox merupakan sebuah jendela di mana obyek atau kontrol ditempatkan, yang nantinya dibutuhkan untuk membentuk suatu program yang dilakukan dengan cara memasangnya pada sebuah Form. Adapun penjelasan dan fungsi dari masing-masing kontrol yang terdapat pada Toolbox sbb :
Bentuk
|
Nama Kontrol
|
Fungsi
|
Pointer
|
Pointer ini bukan termasuk kontrol melainkan penunjuk kontrolyang berfungsi untuk memindahkan atau mengubah ukuran kontrol yang ada pada sebuah form.
|
|
PictureBox
|
Untuk menampilkan file gambar (Bitmaps, Icon, Gif, Jpeg, dsb) baik gambar statis maupun aktif. Standar penulisannya Pic_, contoh : Pic_Foto.
|
|
Label
|
Untuk menampilkan teks, tetapi pemakai tidak bisa berinteraksi dengannya. Standar penulisan pada umumnya adalah Lbl_, contoh : Lbl_Kota.
|
|
TextBox
|
Untuk menempatkan teks pada form dan pemakai dapat mengedit teks tersebut. Standar penulisan pada umumnya adalah Txt_, contoh : Txt_Alamat.
|
|
Frame
|
Untuk mengelompokkan beberapa kontrol (Group) pada suatu form. Standar penulisan umumnya adalah Fra_, contoh : Fra_Identitas.
|
|
Command Button
|
Untuk membuat tombol pelaksana suatu perintah atau tindakan ketika digunakan. Standar penulisan umumnya adalah Cmd_, contoh : Cmd_Simpan.
|
|
CheckBox
|
Untuk membuat kotak check yang dapat memilih satu atau banyak keadaan. Standar penulisan umumnya adalah : Chk_, contoh : Chk_Hobby.
|
|
Option Button
|
Untuk memilih dan mengaktifkan satu keadaan dari banyak pilihan yang ada. Standar penulisan umumnya adalah Opt_, contoh : Opt_Agama.
|
|
ComboBox
|
Sebagai tempat untuk mengetikkan pilihan atau memilih suatu pilihan melalui Drop-Down-List. Standar penulisannya adalah Cbo_, contoh : Cbo_Ukuran.
|
|
ListBox
|
Untuk menampilkan daftar pilihan yang dapat digulung secara Horizontal maupun Vertikal. Standar penulisan umumnya adalah Lis_, contoh : Lis_Jenis.
|
|
HscrollBar
|
Untuk menggulung suatu area kerja dengan jangka lebar pada posisi Horizontal. Standar penulisan umumnya adalah Hsb_, contoh : Hsb_Warna
|
|
VscrollBar
|
Untuk menggulung suatu area kerja dengan jangka lebar pada posisi Vertikal. Standar penulisan umumnya adalah Vsb_, contoh : Vsb_Warna.
|
|
Timer
|
Untuk mengoperasikan waktu kejadian pada rutin program dalam interval yang ditentukan. Standar penulisan umumnya adalah Tmr_, contoh : Tmr_Isi.
|
|
DriveList Box
|
Untuk menampilkan daftar drive komputer yang aktif dan dapat memilih sebuah drive. Standar penulisan umumnya adalah Drv_, contoh : Drv_Kerja.
|
|
DirList Box
|
Untuk menampilkan daftar directory dan path pada drive kerja terpilih. Standar penulisan umumnya adalah Dir_, contoh : Dir_Surat.
|
|
File ListBox
|
Untuk menampilkan daftar file pada directory dan drive yang aktif. Standar penulisan umumnya adalah Fil_, contoh : Fil_Gambar.
|
|
Shape
|
Untuk membentuk obyek dua dimensi seperti square, oval, ellips dan lain-lain. Standar penulisan umumnya adalah Shp_, contoh : Shp_Lingkaran.
|
|
Line
|
Untuk menggambar garis lurus dengan banyak variasi dengan ketebalan yang bisa diatur. Standar penulisan umumnya adalah Lin_, contoh : Lin_Satu.
|
|
Image
|
Untuk menampilkan gambar icon, bitmap, atau metafile pada form. Standar penulisan umumnya adalah Img_, contoh : Img_Foto.
|
|
Data Control
|
Sebagai sarana akses data dalam suatu database. Fasilitas ini ada dalam konsep DAO. Standar penulisan umumnya adalah Dat_, contoh : Dat_Mhs.
|
|
OLE
|
Untuk menghasilkan proses Link dan Embed obyek antar aplikasi. Standar penulisan Umumnya adalah Ole_, contoh : Ole_Sales.
|
Form Window (Jendela Form) merupakan area kerja di mana sobat nantinya akan merancang suatu program aplikasi Visual Basic. Dan pada jendela form ini juga sobat bisa meletakkan kontrol (obyek) seperti : Command Button, TextBox, Label, CheckBox, dan lain-lain. Sedangkan untuk ukuran dari jendela form pada mulanya berukuran kecil namun sobat dapat mengubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Contohnya formnya sbb :
Project Explorer merupakan area yang berisi semua file program aplikasi Visual Basic. Suatu aplikasi dalam Visual Basic biasanya disebut dengan Project (Proyek), dan setiap proyek dapat terdiri dari satu atau lebih file misalnya : Form, Modul, Class dan lain sebagainya.
Pada Window ini berisi semua informasi mengenai kontrol (obyek) yang dibuat, dan bertugas menyiapkan segala properti dari kontrol yang nantinya diperlukan ketika melakukan perancangan User Interface maupun pemrograman. Pada bagian paling atas dari jendela properties terdapat kotak yang menunjukkan nama obyek yang sedang aktif. Dimana nama dari obyek akan tampil pada kotak tersebut ketika kita melakukan klik langsung pada obyek yang terpasang pada form.
Form Layout Window merupakan jendela yang menunjukkan tata letak dari form saat ditampilkan pada layar monitor. Dengan kata lain atas bantuan fitur ini, sobat akan tahu persis dimana posisi aplikasi saat dijalankan pada layar monitor.
Code Window merupakan area dimana sobat dapat menuliskan kode-kode program Visual Basic. Suatu kode-kode program merupakan kumpulan dari instruksi untuk menjalankan obyek yang berupa kontrol maupun form serta logika program. Untuk menampilkan jendela ini sobat cukup melakukan double klik pada kontrol maupun form, yang dimana kursor nantinya kita gunakan untuk menuliskan kode-kode program berada diantara perintah sbb :
2. Komponen Program
Dalam membuat suatu proyek (Project) tentu tidak lepas dari pemakaian komponen-komponen program. Selain berbentu tampilan pada form, beberapa komponen program biasanya bisa terdiri dari kode-kode program. Komponen program yang ditempatkan pada form biasanya berbentuk file (.Frm), sedang komponen program yang berisi kode-kode program bisa terdiri dari file (.Bass, .Cls, dan lain-lain) baik yang dibuat lewat Module, Class Module, User Control, Property Page dan lain sebagainya. Contoh sbb :
3. Kode Program
Kode program merupakan serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu obyek dijalankan. Kode-kode program ini nantinya akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu obyek. Untuk contohnya sebagai berikut :
4. Event
Event merupakan peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu obyek, misalnya Click, Double Click, Keypress dan sebagainya.
Sebuah program yang baik harus mampu mengakomodasi seluruh kemampuan event yang akan dilakukan oleh pemakainya. Akan tetapi tentu saja tidaklah mudah untuk dapat meyediakan puluhan kemungkinan event pada sebuah program.
Nah berikut ini beberapa event yang biasanya sering digunakan oleh si pemakai program, yaitu :
Event Untuk Mouse
|
Keterangan
|
Click
|
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan dilepas dengan cepat saat posisi pointer berada tepat diatas obyek.
|
Double Click
|
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan dilepas dengan cepat sebanyak dua kali saat pointer berada tepat diatas obyek.
|
Drag Drop
|
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan ditahan kemudian menyeret/menggeser obyek dari satu tempat ke tempat lain, kemudian melepas tombol kiri pada mouse tersebut.
|
Drag Over
|
Event ini hampir sama dengan Drag Drop hanya saja Event Drag Over ini biasanya digunakan untuk mengubah bentuk tampilan pointer mouse saat obyek diseret.
|
Mouse Down
|
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse ditekan dan ditahan.
|
Mouse Up
|
Event ini biasanya terjadi bila tombol kiri pada mouse dilepas sehabis ditekan.
|
Mouse Move
|
Event ini biasanya terjadi bila mouse dipindah posisinya ke tempat lain tanpa menekan tombol mouse tersebut.
|
Event Untuk Keyboard
|
Keterangan
|
Keypress
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah tombol pada keyboard ditekan. Dan pada umumnya nilai parameter dari KeyPress merupakan kode ASCII untuk menyatakan jenis tombol keyboard yang ditekan.
|
KeyDown
|
Event ini biasanya terjadi bila sobat menekan dan menahan sebuah tombol pada keyboard.
|
KeyUp
|
Event ini biasanya terjadi bila sobat melepaskan sebuah tombol keyboard dari penekanan.
|
Event Untuk Perubahan
|
Keterangan
|
Activate
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form menjadi window yang aktif.
|
Deactive
|
Event ini biasanya terjadi ketika anda berpindah dari satu form ke form lain.
|
GotFocus
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah obyek menjadi satu-satunya fokus. Sebuah form dapat membuat obyek fokus bila form tersebut menjadi window aktif.
|
LostFocus
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah obyek kehilangan fokus karena ada obyek lain yang mendapatkan fokus.
|
Load
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form dibuka atau dipanggil.
|
Unload
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form ditutup.
|
Initialize
|
Event ini biasanya terjadi bila semua referensi untuk form atau class dihapus dari memori komputer. Pada Obyek form, event ini terjadi setelah event unload.
|
Paint
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form perlu digambar ulang. Dan biasanya dilakukan saat sebuah form dipindahkan dari form lain yang menutupinya.
|
Resize
|
Event ini biasanya terjadi bila sebuah form diubah ukurannya.
|
Change
|
Event ini biasanya terjadi bila isi dari sebuah kontrol diubah.
|
Query Unload
|
Event ini biasanya terjadi apabila suatu aplikasi ditutup. Dan biasanya digunakan untuk memastikan bahwa semua yang berhubungan dengan aplikasi juga telah ditutup, atau memastikan bahwa semua data telah disimpan sebelum aplikasi ditutup.
|
Event-event Lainnya
|
Keterangan
|
Timer
|
Event ini biasanya terjadi ketika event lain dijalankan sebelum event timer ini. Event ini hanya berhubungan dengan kontrol timer.
|
Scroll
|
Event ini biasanya terjadi saat anda menyeret kotak kecil pada scroll bar. Event ini hanya berhubungan dengan kontrol scroll bar.
|
PathChange
|
Event ini biasanya terjadi saat standar path untuk mencari suatu file diubah. Event ini hanya ada pada kontrol File List Box.
|
PatternChange
|
Event ini biasanya terjadi apapbila kode pencarian daftar file diubah, misalnya *.* diubah menjadi *.jpg.
|
Validate
|
Event ini biasanya digunakan untuk memastikan data telah ditangani dengan baik.
|
SelChange
|
Event ini biasanya terjadi saat kontrol Grid sedanga digunakan .
|
5. Metode
Metode (Method) merupakan suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu obyek. Motode biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatu obyek. Contoh sbb :
6. Module
Module bisa dikatakan hampir sama dengan form, hanya saja pada module tidak terdapat obyek melainkan berisi kode-kode program atau prosedure yang dapat dilaksanakan dalam program aplikasi. Contoh dari kode module sbb :
Itulah tadi sedikit penjelasan singkat mengenai Pengenalan Pemrograman Visual Basic, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita khususnya bagi yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman Visual Basic.
Terima kasih !!
yang buat blog nya pasti jago visual basic
ReplyDeletePengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Now
Delete>>>>> Download Full
Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK En
artikel ini sangat membantu
ReplyDeleteMy blog
Izin tanya gan, bagus mana antara Access dan Visual Basic dalam belajar Database dan membuat aplikasi? Lihat juga Aplikasi Database Kredit
ReplyDeletePengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0 - Basic Code >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK