Monday, June 1, 2015

Cara Menonaktifkan Fitur User Account Control (UAC) Pada Windows

Basic Code | Sebelum kita membahas mengenai Cara Menonaktifkan Fitur User Account Control (UAC) Pada Windows, ada baiknya terlebih dahulu penulis jelaskan apa sih itu UAC (User Account Control)?

User Account Control (UAC) merupakan fitur dari Windows yang dapat membantu anda tetap mengendalikan system dengan cara mengkonfirmasi user (khususnya anda sendiri) apakah menyetujui perubahan tersebut atau tidak. Jika anda setuju, maka UAC akan meneruskan perintah tersebut dan apabila sebaliknya maka system pada Windows tidak akan mengalami perubahan.

Contohnya saja Sistem Operasi Windows 7 atau 8 yang ada saat ini, yang selalunya meminta konfirmasi ini dan itu terlebih dahulu ketika kita sedang ingin menginstall atau menambah sebuah aplikasi (Software) pada OS tersebut. Seperti yang kebanyakan orang bilang kalau OS Windows sekarang “Banyak Tanya-nya” mau nambah aplikasi ini minta konfirmasi, melakukan apa saja minta konfirmasi. Berbeda halnya dengan Windows XP, yang hanya sekali install maka selesai. 

Jika sobat pengguna Windows 7 atau 8 tentu pernah mengalami atau akan mengalami hal yang demikian. Dan terkadang ada aplikasi tertentu yang biasanya bermasalah ketika telah di install dan akan mulai dijalankan. Sebenarnya fungsi UAC ini sangat bermanfaat untuk mencegah komputer kita dari serangan Spyware atau Malware karena setiap perubahan yang akan kita lakukan selalu melewati Autentikasi dari pengguna komputer. Namun terkadang kita biasa dibuat jengkel juga oleh hal ini apabila kita ingin menginstall aplikasi yang kita butuhkan.

Untuk mengatasi hal tersebut agar tidak mengganggu kita ketika ingin menginstall suatu aplikasi yang kita butuhkan, cara yang umum dilakukan biasanya ialah dengan men-disable Fitur UAC tersebut. Ok langsung saja sebagai berikut.

Apabila kita ingin men-disable fitur UAC, ada 2 cara yang dapat kita lakukan yaitu melalui Control Panel atau Melalui Registry :

1. Control Panel :
  1. Pada Windows 7 klik menu “Start”.
  2. Klik “Control Panel”.




















  3. Klik “System and Security”.









  4. Klik “Change User Account Control settings”.







  5. Pada “Always notify” sesuaikan settingan UAC dengan yang dibutuhkan.
















  6. Klik Ok dan Yes, ikuti langkah-langkah setelahnya kemudian Restart komputer anda.

2. Registry/ Regedit :
  1. Jalankan Registry Editor (RegEdit) dengan cara klik menu “Start” pilih menu “Run”, atau menekan (Tombol Windows + R) pada keyboard.




















  2. Setelah itu ketik “Regedit” tanpa tanda petik pada kolom > Run.










  3. Cari registry key berikut ini pada HKLM:

  4. HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/System





















  5. Cari EnableLUA dan klik kanan > pilih “Modify”.











  6. Pada kolom “Value Data :” rubah angka 1 menjadi 0 (nol).











  7. Selanjutnya keluar dari Regedit dan Re-start komputer anda
Demikianlah Cara Men-disable User Account Control (UAC), apabila ada kekurangan mohon dimaafkan semoga bermanfaat dan Terimakasih!!

0 komentar

Post a Comment